Marta, Zalvida (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) menggunakan LKS terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZALFIDA MARTA-64521-2011.pdf
Download (608kB)
Abstract
Pembelajaran yang dilaksanakan guru pada umumnya belum mengaktifkan
siswa secara individual, sehingga aktifitas siswa lebih didominasi oleh anak-anak
pintar saja. Hal ini berdampak kepada hasil belajar yang mereka peroleh terutama
dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Square (TPSq) menggunakan LKS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
kelas VIII SMPN 22 Padang. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang
berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq)
menggunakan LKS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN
22 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment menggunakan Randomized
control Group Only Design. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster
Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII/5 sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas VIII/7 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar fisika
siswa pada ranah kognitif diambil pada akhir pembelajaran menggunakan tes
essay sebanyak 10 soal dan data hasil belajar siswa pada ranah afektif diambil
menggunakan lembar observasi selama pembelajaran berlangsung. Teknik analisis
data hasil belajar ranah kognitif menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan
uji t, pada taraf kepercayaan 95 % dan analisis data hasil belajar ranah afektif
dilakukan dengan menghitung nilai hasil belajar afektif masing-masing indikator
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dari hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar fisika siswa pada
ranah kognitif maupun afektif untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan
dengan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh nilai ratarata
pada kelas eksperimen 74.77 dan kelas kontrol 66.91. Selanjutnya dengan
analisis uji t diperoleh thitung = 2.476 dan ttabel = 1.999 pada taraf nyata 0,05 dan
dk = 62. Dapat dilihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel, berarti hipotesis kerja
diterima pada taraf kepercayaan 95%. Artinya terdapat pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) menggunakan LKS
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 22 Padang. Hasil
belajar siswa pada ranah afektif diperoleh rata-rata nilai afektif siswa pada kelas
eksperimen 79.76 dan pada kelas kontrol 73.68. Dari hasil rata-rata tersebut dapat
dilihat bahwa penerapan Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq)
menggunakan LKS berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:34 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28207 |
