Pengembangan Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika Berbahasa Inggris pada Materi Kalor untuk Siswa Kelas VII R-SMP-BI

Zakirman, Zakirman (2012) Pengembangan Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika Berbahasa Inggris pada Materi Kalor untuk Siswa Kelas VII R-SMP-BI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZAKIRMAN 01951.pdf] Text
final_B1_ZAKIRMAN 01951.pdf

Download (890kB)

Abstract

Proses pembelajaran Fisika di kelas R-SMP-BI membutuhkan sumber
belajar berbahasa Inggris yang variatif serta berbasiskan ICT untuk
mempermudah siswa dalam memahami konsep yang bersifat abstrak. Kenyataan
dilapangan masih terbatasnya sumber belajar yang berbasiskan ICT.
Kecendrungan guru menggunakan bahan ajar yang tidak sesuai dengan
karakteristik materi dapat mempengaruhi penyampaian materi kepada siswa.
Untuk itu, salah satu alternatif yang dipilih adalah mengembangkan suatu bahan
ajar berupa video dan animasi. Penggunaan video dan animasi dalam
pembelajaran Fisika diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep
yang bersifat abstrak, memotivasi siswa untuk belajar, serta mengoptimalkan
kemampuan siswa dalam bidang ICT. Tujuan umum dari penelitian ini adalah
menghasilkan video dan animasi dalam pembelajaran Fisika yang valid, praktis
dan efektif.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development
(R&D). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian 4-D yang diterapkan
pada siswa sebagai objek penelitian. Objek penelitian ada dua yaitu video dan
animasi dalam pembelajaran Fisika dan siswa kelas VII.3 SMP N 1 Pariaman
yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan ada tiga
yaitu: lembar validasi, lembar kepraktisan, dan lembar tes hasil belajar. Teknik
analisis produk yang digunakan yaitu teknik mendeskripsikan dan teknik analisis
data yang digunakan ada tiga yaitu: metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis
perbandingan berkorelasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empat
hasil penelitian. Pertama, desain video dan animasi sangat valid dengan nilai ratarata
85,9. Kedua, bahasa yang digunakan berada pada kategori sangat valid
dengan nilai 92. Ketiga, penggunaan video dan animasi dalam implementasi
pembelajaran Fisika berbasis KTSP adalah praktis yang ditandai dengan nilai ratarata
hasil tanggapan guru Fisika R-SMP-BI 86,8 dan nilai rata-rata hasil
tanggapan siswa 85. Video dan Animasi efektif digunakan dalam pembelajaran
Fisika pada siswa kelas VII SMP N 1 Pariman yang ditandai dengan adanya
peningkatan hasil belajar yang berarti pada ranah kogitif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:34
Last Modified: 30 Oct 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28205

Actions (login required)

View Item
View Item