Kontribusi Minat Belajar dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video Di SMK N 1 Airgegas Kab. Bangka Selatan

Putra, Andika (2013) Kontribusi Minat Belajar dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video Di SMK N 1 Airgegas Kab. Bangka Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ANDIKA_ PUTRA_ 87640_5793_2013.pdf] Text
B1_05_ANDIKA_ PUTRA_ 87640_5793_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih ada siswa kelas X TAV yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimum, walaupun rata – rata kelas telah melebihi nilai KKM pada mata pelajaran Dasar – Dasar Elektronika. KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70,00 dengan rentangan 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi minat belajar dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar – Dasar Elektronika kelas X di SMK N 1 Airgegas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai motivasi belajar dan sarana prasarana, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran Dasar – Dasar Elektronika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN 1 Airgegas sebanyak 57 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik acak (Proportional random sampling) dengan menggunakan rumus Taro Yamane diperoleh sampel sebanyak 36 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 17.0. Dari hasil penelitian didapatkan (1) Minat Belajar (X1) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 19.8 % (2) Sarana prasarana (X2) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 13.9 % dan (3) Besarnya persentase sumbangan variabel minat belajar (X1) dan Sarana prasarana (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 44.2 %. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana Dasar Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:34
Last Modified: 30 Oct 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28204

Actions (login required)

View Item
View Item