Winda, Yosse (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Wankat dan Oreovocz Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Sungayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YOSSE WINDA-73122-2011.pdf
Download (195kB)
Abstract
Pembelajaran fisika yang didominasi guru sebagai pemberi informasi menyebabkan siswa tidak terbiasa menemukan masalah dan mencari solusinya secara aktif dan kreatif. Strategi Pemecahan Masalah Wankat dan Oreovocz memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri permasalahan dan penyelesaian masalah fisika yang dapat menjadikan siswa aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan Strategi Pemecahan Masalah Wankat dan Oreovocz Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Sungayang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sungayang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, terpilih kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelas Kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah psikomotor, sedangkan untuk ranah afektif dilakukan dengan menaksir proporsi. Instrumen penelitian pada ranah kognitif berupa soal objektif, pada ranah afektif lembar observasi dan ranah psikomotor berupa lembar observasi dengan rubrik penskoran. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar pada ranah kognitif kelas eksperimen 72,5 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 60,1, dengan menggunakan uji t didapatkan harga thitung =3,27 dan t tabel =2,00 untuk t (0,975;63) . Karena thitung > t tabel maka H o ditolak dan Hi diterima pada ranah kognitif. Hasil belajar ranah afektif didapatkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen memiliki kriteria baik sedangkan kelas kontrol memiliki kriteria cukup. Rata-rata nilai hasil belajar ranah psikomotor kelas eksperimen 73,149 lebih tinggi dari kelas kontrol 67,34, dari perhitungan uji t didapatkan t hitung =6,72, sedangkan harga ttabel =2,00 untuk t(0,975;63). Karena thitung > t tabel maka H o ditolak dan H i diterima pada ranah psikomotor. Ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor kedua kelas sampel, berbeda signifikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti penerapan strategi pemecahan masalah Wankat dan Oreovocz terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Sungayang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN, WANKAT DAN OREOVOCZ, HASIL BELAJAR FISIKA |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:32 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28191 |
