Pengaruh Penerapan Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran Bervariatif Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Pada Materi Termodinamika Fisika kelas XI IPA MAN Padusunan Pariaman

Nofriyanti, Mila (2011) Pengaruh Penerapan Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran Bervariatif Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Pada Materi Termodinamika Fisika kelas XI IPA MAN Padusunan Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MILA_NOFRIYANTI-86270-2011.pdf] Text
final_B1_MILA_NOFRIYANTI-86270-2011.pdf

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran menurut KTSP yang
belum dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Dalam pembelajaran siswa
dipersiapkan dalam tiga tahapan pembelajaran. Tahap pertama perencanaan, tahap
kedua pelaksanaan diharapkan siswa dapat diajarkan dengan metode-metode yang
sesuai dengan karakteristik materi pelajaran. Selanjutnya tahap penilaian, penilaian
KTSP mengharapkan penilaian yang valid, objektif dan berkesinambungan. Penilaian
dalam KTSP tidak hanya terfokus pada penilaian akhir saja, namun penilaian selama
proses pembelajaran juga penting untuk dilaksanakan, maka dari itu KTSP
menerapkan Penilaian Berbasis Kelas. Salah satunya adalah penilaian sikap.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan penilaian sikap dalam
pembelajaran bervariatif terhadap pencapaian kompetensi siswa pada materi
Termodinamika Fisika kelas XI IPA MAN Padusunan Pariaman. Hipotesis kerja
dalam penelitian adalah terdapat pengaruh penerapan penilaian sikap dalam
pembelajaran bervariatif terhadap pencapaian kompetensi siswa pada materi
Termodinamika Fisika Kelas XI IPA MAN Padusunan Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian
Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
siswa pada kelas XI IPA MAN Padusunan Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran
2010/2011. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Teknik
pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi
untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf
nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah afektif.
Dari analisis data dapat dikemukakan hasil penelitian ini. Pertama, nilai ratarata
siswa yang diterapkan penilaian sikap dalam pembelajaran bervariatif pada ranah
kognitif 76,59 dan ranah afektif 75. Kedua, penerapan penilaian sikap dalam
pembelajaran bervariatif memberikan pengaruh yang berarti terhadap pencapaian
komptensi siswa pada materi Termodinamika Fisika siswa baik pada ranah kognitif
maupun pada ranah afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:31
Last Modified: 30 Oct 2025 03:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28188

Actions (login required)

View Item
View Item