Pengaruh Metode Resitasi yang Diawali Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester II SMP Adabiah Tahun Pelajaran 2010/2011

Karmila, Mila (2011) Pengaruh Metode Resitasi yang Diawali Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester II SMP Adabiah Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MILA_KARMILA_77483_145_2011.pdf] Text
final_B1_MILA_KARMILA_77483_145_2011.pdf

Download (167kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Adabiah
disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah proses pembelajaran yang
masih berpusat kepada guru sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam
proses pembelajaran dan siswa kurang membaca materi pelajaran di rumah.
Metode resitasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah menjawab pertanyaan
yang terkait materi yang akan dipelajari dalam pembelajaran langsung, diharapkan
dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi. Dengan
meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode resitasi pada pembelajaran langsung terhadap hasil belajar biologi
siswa kelas VIII SMP Adabiah Padang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Adabiah Padang. Karena populasi penelitian
terdistribusi normal dan homogen, maka untuk menentukan kelas sampel
digunakan teknik Random Sampling, dan terpilih sampel kelas VIII.4 sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam
penelitian ini adalah data primer berupa tes akhir dari kedua kelas sampel yang
terpilih. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan kriteria jika
thitung > ttabel hipotesis diterima.
Dari hasil ujian yang telah dilakukan diakhir perlakuan penelitian
diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74,16 dan nilai rata-rata kelas kontrol
66,83. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh thitung yaitu 1,87. Bila dibandingkan
dengan ttabel yaitu 1,67, maka thitung > ttabel. Dengan demikian, hipotesis yang
dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penerapan metode resitasi yang diawali pembelajaran langsung
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Adabiah Padang tahun
pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:31
Last Modified: 30 Oct 2025 03:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item
View Item