Suganda, Mikkey Anggara (2011) Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktek Lapangan Mata Pelajaran Penjasorkes di SMA Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MIKKY_ANGGARA_SUGANDA_85326_2011.pdf
Download (951kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana presepsi guru pamong
terhadap keterampilan mengajar mahasiswa praktek lapangan mata pelajaran
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Kota Padang.
Jenis penelitian adalah deskriptive. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh guru pamong mata pelajaran penjasorkes yang ada di SMA Negeri Kota
Padang yang berjumlah sebanyak 24 orang. Sampel diambil dengan teknik total
sampling, dengan demikian jumlah sampel adalah sebanyak 24 orang guru
pamong. Jenis data dalam penelitian yaitu data primer, data yang dikumpulkan
langsung oleh peneliti dengan mengajukan angket kepada sampel. Sedangkan data
skunder, data diambil dari arsip dokumentasi guru yang diperoleh dari TU
masing-masing SMA Negeri Kota Padang. Selanjutnya data dianalisis dengan
persentase dengan menggunakan skor nilai ideal.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa sub veriabel kegiatan
awal dalam pembelajaran penjasorkes diperoleh tingkat capaian sebesar 81%
berada pada kategori “baik sekali”, dan untuk sub variabel kegiatan inti diperoleh
tingkat capaian sebesar 85% berada pada kategori “baik sekali”. Sedangkan untuk
sub variabel kegiatan akhir diperoleh tingkat capaian sebesar 83% berada pada
kategori “baik sekali”, artinya secara keseluruhan presepsi guru pamong SMA
Negeri Kota Padang baik sekali terhadap mahasiswa praktek lapangan dalam
pembelajaran penjasorkes.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) S Sport  | 
        
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 | 
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:30 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:30 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28177 | 
         