Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Gelombang, Optik, dan Pemanasan Global Kelas XI SMAN 7 Padang

Nursurila, Nia (2018) Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Gelombang, Optik, dan Pemanasan Global Kelas XI SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NIA_NURSURILA_14033036_402_2018.pdf] Text
B1_05_NIA_NURSURILA_14033036_402_2018.pdf

Download (953kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan kurikulum 2013 terhadap
dimensi pengetahuan yang diajarkan dalam pembelajaran Fisika. Pembelajaran
fisika sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 menggunakan langkah-langkah
pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik ditujukan untuk meningkatkan
keaktifan dan kemandirian siswa dalam belajar. Dalam menunjang pembelajaran
siswa dibutuhkan suatu LKS yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.
Pembelajaran Fisika sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 apabila KD 3 dan
KD 4 dapat terlaksana dengan baik di sekolah. Dilihat dari fasilitas ICT yang ada
di sekolah sangat menunjang proses pembelajaran yang efektif dan optimal dalam
kegiatan praktikum di sekolah. Kenyataannya, masih banyak sekolah yang belum
mengoptimalkan ICT dalam kegiatan praktikum melalui sebuah LKS. Kemajuan
teknologi yang berkembang saat ini juga dapat menunjang pembelajaran fisika
siswa terutama dalam materi fisika yang bersifat abstrak. Sehingga LKS berbasis
virtual laboratory dapat menjadi solusi dalam permasalahan praktikum di sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berbasis virtual
laboratory melalui ICT yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development
(R&D). Desain penelitian yang digunakan untuk uji validitas, uji praktikalitas,
dan uji efektifitas LKS berbasis virtual laboratory. Objek dari penelitian adalah
LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi gelombang, optik, dan
pemanasan global kelas XI SMAN 7 Padang. LKS berbasis virtual laboratory ini
dapat di akses di website gisti.scientific-project.com. Instrumen pengumpul data
yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji
praktikalitas, dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes awal dan tes akhir hasil
belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas
produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis efektivitas produk dengan
menggunakan uji t.
Berdasarkan analisis data yang telah didapatkan diperoleh 3 hasil
penelitian. Pertama, validitas untuk LKS berbasis virtual laboratory ini adalah
valid dengan nilai validitas rata-rata yang dinilai oleh tenaga ahli dari dosen
fisika FMIPA UNP adalah 90,19 dengan kriteria sangat valid. Kedua, LKS
berbasis virtual laboratory ini praktis digunakan dengan rata-rata 99,22 dan
berada pada kriteria sangat praktis. Ketiga, LKS berbasis virtual laboratory ini
efektif digunakan berdasarkan nilai �ℎ����� yang didapatkan lebih kecil dari
������. Nilai �ℎ����� sebesar -13,38 dan nilai ������ sebesar -1,70 untuk materi
Pembiasan Cahaya dan Pemanasan Global. Hal ini menunjukkan bahwa LKS
berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi pembiasan cahaya dan
pemanasan global ini efektif digunakan dalam pembelajaran Fisika di kelas XI
SMAN 7 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:30
Last Modified: 30 Oct 2025 03:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28176

Actions (login required)

View Item
View Item