Hayani, Rahmatul (2008) Pengelolaan Kurikulum Sekolah Unggul pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMATUL HAYANI-47893-2008.pdf
Download (214kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan pengelolaan kurikulum di
sekolah unggul SMA Negeri 1 Padang Panjang. Lebih lanjut dilakukan penelitian
yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengelolaan kurikulum
sekolah unggul SMA Negeri 1 Padang Panjang pada aspek: penyusunan kalender
pendidikan, pembagian tugas guru, penyusunan jadwal pelaksanaan pelajaran,
pembinaan pelaksanaan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, dan evaluasi
pelaksanaan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Pertanyaan yang akan
diajukan dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana penyusunan kalender
pendidikan/tahun kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di
sekolah unggul SMA Negeri 1 Padang Panjang?, 2) Bagaimana pembagian tugas
guru di sekolah unggul SMA Negeri 1 Padang Panjang?, 3) Bagaimana
penyusunan jadwal pelaksanaan pelajaran di sekolah unggul SMA Negeri 1
Padang Panjang?, 4) Bagaimana pembinaan pelaksanaan pembelajaran
intrakurikuler dan ekstrakurikuler di sekolah unggul SMA Negeri 1 Padang
Panjang?, 5) Bagaimana evaluasi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang
dilakukan di sekolah unggul SMA Negeri 1 Padang Panjang?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini
adalah semua guru sekolah unggul di SMA Negeri 1 Padang Panjang yang
berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu sebanyak 69 orang guru. Penarikan
sampel dilakukan dengan teknik stratified proforsional random sampling
sedangkan penentuan besarnya sampel menggunakan rumus Cohran (1991:86).
Oleh karena itu, sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang guru SMAN 1
Padang Panjang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Angket ini menggunakan model
skala Likert dengan 5 alternatif jawaban yaitu selalu (SL), sering (SR), kadangkadang
(KD), jarang (JR), dan tidak pernah (TP).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan kurikulum sekolah
unggul pada SMA Negeri 1 Padang Panjang berada pada kategori baik sekali,
yakni 95,09% responden menyatakan selalu dan sering merencanakan kurikulum,
2) pelaksanaan kurikulum sekolah unggul pada SMA Negeri 1 Padang Panjang
berada pada kategori baik, yakni 73,23% responden menyatakan selalu dan sering
melaksanakan kurikulum, 3) evaluasi pelaksanaan kurikulum sekolah unggul pada
SMA Negeri 1 Padang Panjang berada pada kategori baik sekali, yakni 93,19%
responden menyatakan selalu dan sering melakukan evaluasi terhadap kurikulum.
Secara umum, pengelolaan kurikulum sekolah unggul pada SMA Negeri 1
Padang Panjang sudah terlaksana dengan baik sekali, dimana 86,39% responden
menyatakan kepala sekolah bersama guru selalu dan sering mengelola kurikulum.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENGELOLAAN KURIKULUM SEKOLAH UNGGUL |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:28 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:28 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28170 |
