Pembuatan Buku Teks Pelajaran Mengintegrasikan CTL dan Literasi Lingkungan pada Materi Gelombang Mekanik dan Persamaan Gelombang untuk Siswa SMA Kelas XI

Srikandi, Neneng (2020) Pembuatan Buku Teks Pelajaran Mengintegrasikan CTL dan Literasi Lingkungan pada Materi Gelombang Mekanik dan Persamaan Gelombang untuk Siswa SMA Kelas XI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NENENG_SRIKANDI_16033021_2239_2020.pdf] Text
B1_05_NENENG_SRIKANDI_16033021_2239_2020.pdf

Download (15MB)

Abstract

Perubahan kurikulum pada semua tingkat pendidikan formal di Indonesia
menuntut penyesuaian berbagai komponen pendukung pembelajaran. Salah satu
komponen yang harus disesuaikan adalah buku teks pelajaran sebagai salah satu
sumber belajar. Kurikulum 2013 dirancang untuk memenuhi kebutuhan abad ke-21
yang menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran
fisika pada SMAN 7 Padang belum berpusat pada siswa. Untuk menciptakan
pembelajaran yang berpusat pada siswa dibutuhkan sumber belajar yang bersifat
kontekstual dan dan bermuatanliterasi lingkungan.Kondisi nyata menunjukan
penerapan CTL dan literasi lingkungan di sekolah ini masih tergolong rendah.
Penelitianbertujuan untuk mengembangkan Buku Teks Pelajaran
Mengintegrasikan CTL dan Literasi Lingkungan Pada Materi Gelombang Mekanik
dan Persamaan Gelombang Untuk Siswa SMA Kelas XI yang dinilai valid oleh ahli
dan dinilai praktis oleh praktisi. Tujuan dicapai dengan menerapkan jenis penelitian
Research and Development (R&D)menurut Sugiyono. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu instrumen validitas terdiri dari 6 komponen dan 57 butir. Instrumen
praktikalitas terdiri dari 4 komponen dan 37 butir. Validasi dilakukan oleh tiga orang
dosen Jurusan Fisika, praktikalitas oleh dua orang guru dan siswa di SMAN 7
Padang.
Hasil pengukuran validitas oleh dosen rata-rata nilai 91,68 dengan kategori
baik sekali. Hasil analisis praktikalitas guru dan siswa didapatkan nilai rata-rata 88,21
dan 92,31 kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa buku teks pelajaran
mengintegrasikan CTL dan literasi lingkungan pada materi gelombang mekanik dan
persamaan gelombangvalid dan praktis untuk siswa SMA kelas XI. Sehingga buku
teks pelajaran layak digunakan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perubahan kurikulum
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:45
Last Modified: 29 Oct 2025 09:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28162

Actions (login required)

View Item
View Item