Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kecanduan Game Online pada Siswa SMAN 9 Kerinci

Shanda, Nelvira Auliya (2022) Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kecanduan Game Online pada Siswa SMAN 9 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_Nelvira_Auliya_Shanda_18006294_2925_2022.pdf] Text
B1_05_Nelvira_Auliya_Shanda_18006294_2925_2022.pdf

Download (711kB)

Abstract

Pada zaman perkembangan teknologi yang pesat saat ini hampir seluruh
kegiatan dilakukan secara online. Kegiatan tersebut membuat siswa banyak
menghabiskan waktu untuk menggunakan internet dan sebagian menggunakannya
untuk bermain game online. Hal ini memberikan dampak negatif pada siswa yaitu
kecenderungan kecanduan game online. Self-efficacy dapat berperan sebagai usaha
dan upaya siswa dalam menghadapi permasalahan yang sedang dihadapi. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis: (1) self-efficacy, (2) kecanduan game online, serta
(3) menguji dan menganalisis hubungan self-efficacy dengan kecanduan game
online.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 109 siswa yang terdaftar
di kelas X dan XI di SMA N 9 Kerinci pada semester januari-juli 2021/2022 dengan
sampel 109, penarikan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh.
Instrumen yang digunakan adalah “instrumen penelitian self-efficacy dan instrumen
kecanduan game online” dengan menggunakan skala model likert. Data dianalisis
dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional rank spearman.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) self-efficacy berada pada
kategori sedang, (2) kecanduan game online berada pada kategori tinggi, dan (3)
terdapat hubungan negatif signifikan antara self-efficacy dengan kecanduan game
online dengan koefisien korelasi -0,323 dan taraf signifikan 0,001. Implikasi bagi
Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan oleh guru BK dengan pemberian
layanan informasi dan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:45
Last Modified: 29 Oct 2025 09:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28161

Actions (login required)

View Item
View Item