Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Agustina, Nela (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NELA_AGUSTINA_14042029_3886_2018.pdf] Text
B1_05_NELA_AGUSTINA_14042029_3886_2018.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana kualitas pelayanan kesehatan
Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan dan
bagaimana kepuasan masyarakat pada kualitas pelayanan kesehatan diPuskesmas
Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang
digunakan ialah Deskriptif pendekatan Kuantitatif . Populasi penelitian terdapat 40.856
orang dengan 100 orang sampel yang dipilih secara acak (Simple Random Sampling)
menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis rata-rata dengan
bantuan tabel frekuensi dan analisis persentase. Hasil penelitian tentang kualitas
pelayanan kesehatan diPuskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten
Pesisir Selatan yang diukur dengan memakai 5 dimensi kualitas pelayanan publik yakni
Tangible/Ketampakan fisik, Reliability/Keandalan, Responsiveness/Daya tanggap,
Assurance/Jaminan kepastian, dan Empaty/Empati. Berdasarkan kelima indikator yang
digunakan, Pelayanan kesehatan yang dilakukan petugas Puskesmas Inderapura belum
berkualitas karena mendapatkan nilai capaian yang tidak berkualitas oleh masyarakat, hal
ini ditunjukan dari hasil rekap lima indikator kualitas pelayanan publik yang berada di
bawah 60% ini dapat ditunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan
belum berkualitas. Dan hasil kepuasan masyarakat pada kualitas pelayanan kesehatan
diPuskesmas diukur dengan menggunakan indikator kepuasan juga terdapat tidak
memuaskan bagi responden hal ini ditunjukan dengan nilai rekapitulasi indikator
kepuasan berada di bawah 60% ini menunjukan bahwa kepuasan masyarakat pada
kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas belum memuaskan bagi
masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:40
Last Modified: 29 Oct 2025 09:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28137

Actions (login required)

View Item
View Item