Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2010/2011

Wahyuni, Yuyu (2011) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUYU WAHYUNI_86113_2011.pdf] Text
final_B1_YUYU WAHYUNI_86113_2011.pdf

Download (624kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang berlangsung belum mampu
meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dimana siswa cenderung
menjadikan guru sebagai faktor utama dalam proses pembelajaran dan guru lebih
aktif dibandingkan siswa. Disamping itu disaat pemberian latihan terdapat
indikasi siswa malas berpikir, serta ada siswa yang tidak mau saling berbagi
pengetahuan dengan teman yang lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan
untuk perbaikan hasil belajar dalam pembelajaran matematika adalah model
pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran
kooperatif TPS lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan
pembelajaran konvensional. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar
matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih baik dari
hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa
dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih baik dari hasil belajar siswa
yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2010/ 2011.
Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih
menjadi kelas sampel adalah kelas X.E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas
X.C sebagai kelas kontrol.
Rata-rata tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 61,1 sedangkan rata-rata
hasil tes akhir siswa kelas kontrol adalah 51. Pengolahan data hasil tes akhir
dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Setelah dianalisis
diperoleh thitung = 3,15 sedangkan α = 0,05 dan dk = 62 diperoleh ttebel = 2,00.
Karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih
baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:39
Last Modified: 29 Oct 2025 09:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28132

Actions (login required)

View Item
View Item