Hubungan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 15 Padang

Rahmi, Yusvida (2011) Hubungan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUSVIDA_RAHMI_88044_2011.pdf] Text
final_B1_YUSVIDA_RAHMI_88044_2011.pdf

Download (823kB)

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh seseorang tidak lepas dari faktor-faktor yang
mempengaruhinya, yaitu faktor dari luar dan dari dalam diri individu. Di antara
faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu disebut dengan faktor psikologis.
Keterampilan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa, untuk itu siswa perlu meningkatkan keterampilan belajar dalam mencapai hasil
belajar yang memuaskan. Keberhasilan seseorang dalam belajar dipengaruhi oleh
keterampilan belajar yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan keterampilan belajar khususnya keterampilan mencatat pelajaran dan
keterampilan menyelesaikan tugas sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP
N 15 Padang.
Penelitian ini bersifat kuantitatif jenis deskriptif korelasional, artinya
penelitian yang menggambarkan suatu keadaan atau situasi tertentu sebagaimana
adanya secara sistematis, aktual, akurat. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP N 15
Padang pada tahun ajaran 2010/ 2011 yang berjumlah 154 orang. Sampel sebanyak
61 orang siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Pengumpulan data
menggunakan angket dan studi dokumentasi, teknik analisis data menggunakan
korelasi product moment dan diolah dengan program komputer SPSS (Statistical
Product and Service Solution) Release 15.0 for windows
Hasil penelitian mengungkapkan terdapat hubungan yang signifikan antara
keterampilan belajar dengan hasil belajar (hipotesis alternatif). Hipotesis kerja yang
diajukan diterima dalam taraf signifikasi 5% maupun 1%, sedangkan hipotesis nihil
yang menyatakan tidak ada hubungan antara keterampilan belajar dengan hasil
belajar ditolak dalam taraf signifikansi 5% maupun 1%.
Berdasarkan temuan penelitian disarankan: 1) Bagi guru pembimbing
berupaya meningkatkan keterampilan belajar melalui layanan penguasaan konten
sehingga siswa memperoleh hasil belajar yang memuaskan. 2) Bagi guru mata
pelajaran informasi yang diperoleh dapat membantu/melatih siswa dengan berbagai
teknik/pendekatan yang diperlukan siswa untuk meningkatkan keterampilan
belajarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:18
Last Modified: 29 Oct 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item
View Item