Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Inkuiri di kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Sulasri, Sulasri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Inkuiri di kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SULASTRI_09557_3220_2011.pdf] Text
final_B1_SULASTRI_09557_3220_2011.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA di kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul Hitam Kec.Koto Tangah Kota Padang, pada akhir Semester II Tahun 2011.Maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan Inkuiri Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Pengamatan, Pelaksanaan, dan Refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua Siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul Hitam Kec.Koto Tangah Padang yang terdiri dari 25 orang siswa. Tehnik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat dilihat pada : (a) rata-rata skor aspek afektif siswa pada siklus I diperoleh nilai 68,92 berada pada kriteria kurang dan meningkat pada siklus II dengan nilai 92,64 berada pada kriteria sangat baik. (b) rata-rata aspek skor Psikomotor pada siklus I dengan nilai 73,32 berada pada kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan nilai 93,76 berada pada kriteria sangat baik. (c) rata-rata skor Kognitif pada siklus I dengan nilai 68 dan 13 orang siswa (52%) yang mencapai ketuntasan maksimal, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 84 dan 23 orang siswa (92%) mencapai ketuntasan maksimal.Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul Hitam Kec.Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, pendekatan inkuiri, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:18
Last Modified: 29 Oct 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28124

Actions (login required)

View Item
View Item