Yusrida, Yusrida (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Senilai Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD bagi Siswa Kelas IV SDN 11 Lolong Kecamatan Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUSRIDA_9673_2011.pdf
Download (255kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar pecahan senilai siswa kelas IV SDN 11 Lolong
Padang utara disebabkan guru masih menggunakan pendekatan konvensional dalam
pembelajaran. Hal ini menyebabkan pembelajaran bersifat monoton dan terpusat
pada guru. Siswa kurang terlibat aktif selama dalam proses pembelajaran, akibatnya
hasil belajar siswa tidak sesuai dengan target yang diinginkan. Salah satu upaya
untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan
pendekatan Cooperative Learning tipe STAD dalam pembelajaran
Adapun tahap - tahap pembelajaran Cooperative tipe STAD yaitu persentase kelas,
kuis, skor kemajuan individual dan rekognisi tim. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan rancangan pembelajaran, dan pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD serta meningkatakan proses dan hasil belajar siswa SDN 11
Lolong Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( class action research)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dilaksanakan dua siklus .
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 11 Lolong Kecamatan
Padang Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan tes.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil
belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar kognitif yaitu rata- rata71 dengan kriteria
belum tuntas secara klasikal 44% dan yang tuntas 56%. Selanjutnya pada siklus II
meningkat menjadi rata kelas 83 dengan criteria tuntas88%. Hasil belajar aspek
afektif pada siklus I termasuk kriteria kurang dengan persentase perolehan 66% dan
74% untuk masing‐masing pertemuan, dan meningkat pada siklus II menjadi 78%
dan 82% dengan kriteria baik. Pada aspek psikomotor siklus I skor rata – rata 64%
dan 70% dengan criteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 86% dan 96%.
Maka dapat disimpulkan penggunaan pendekatan kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan hasil belajar pecahan senilai.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:18 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28121 |
