Nengsih, Revia Ratna (2019) Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_REVIA_RATNA_NENGSIH_15002105_5405_2019.pdf [thumbnail of B1_01_REVIA_RATNA_NENGSIH_15002105_5405_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_REVIA_RATNA_NENGSIH_15002105_5405_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis selama
melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan di SMK Nasional Padang yang
menunjukkan kurangnya peran kepala sekolah sebagai inovator dalam
melaksanakan pembaharuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
gambaran mengenai Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah sebagai
Inovator di SMK Nasional Padang yang dilihat dari segi mencari gagasan baru,
mengimplementasikan ide-ide baru, mengintegrasikan setiap kegiatan dan
mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif. Adapun pertanyaan
penelitian ini adalah bagaimana Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah
sebagai Inovator di SMK Nasional Padang dalam hal mencari gagasan baru,
mengimplementasikan ide-ide baru, mengintegrasikan setiap kegiatan,
mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh guru SMK Nasional Padang yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini
menggunakan teknik total sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa
angket dalam bentuk skala likert. Angket tersebut sudah diuji coba untuk
mengetahui validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Guru terhadap Peran Kepala
Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional Padang dilihat dari aspek 1) mencari
gagasan baru berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar
86,53%, 2) mengimplementasikan ide-ide baru berada pada kategori baik dengan
tingkat capaian skor sebesar 83,50%, 3) mengintegrasikan setiap kegiatan berada
pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 83,79%, dan 4)
mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif berada pada kategori
baik dengan tingkat capaian skor sebesar 83,33%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional
Padang menurut persepsi guru berada pada kategori baik dengan tingkat capaian
skor sebesar 84,29%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran kepala sekolah sebagai inovator |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 08:14 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2812 |