Mulyani, Rahmah (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Siswa SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMAH MULYANI-44423-2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari keadaan pembelajaran di kelas VIII SMP
Negeri 13 Padang, dimana pembelajaran masih berjalan satu arah, terpusat pada
guru dan kurang mengaktifkan siswa, sehingga siswa kurang termotivasi dan
cepat bosan dalam pembelajaran, akibatnya hasil belajar siswa belum mencapai
KKM. Oleh karena itu penulis telah melakukan penelitian dengan strategi belajar
aktif tipe Mind Mapping, dengan harapan dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang berarti dalam
penerapan strategi belajar aktif tipe Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi
siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian
randomized control-group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang, sedangkan kelas sampel
dari penelitian adalah kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen dan VIII9 sebagai
kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.
Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data
menggunakan uji t, dengan kriteria jika thitung�ttabel Hipotesis diterima, dan
sebaliknya.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, terlihat bahwa kelas
eksperimen pembelajarannya dengan strategi belajar aktif tipe Mind Mapping
memiliki nilai rata-rata lebih tinggi (75,15) dari kelas kontrol yang tidak
menggunakan strategi belajar aktif tipe Mind Mapping (63,67). Sedangkan dari uji
hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung 5,03 dan ttabel � 2,00 . Karena thitung �
ttabel maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh positif yang berarti pembelajaran dengan strategi Mind Mapping
terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII siswa SMP Negeri 13 Padang
Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan kata lain penggunaan strategi Mind Mapping
mampu meningkatkan hasil belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP Negeri 13
Padang, Tahun Pelajaran 2010/2011.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MIND MAPPING |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:17 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28115 |
