Sukrino, Sukrino (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 17 Parit Batu Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_Sukrino 93666.pdf
Download (381kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena guru kurang menerapkan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran IPS, siswa tidak dilatih untuk menemukan dan mengemukakan pendapat sendiri sehingga siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk mengantasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode problem solving. Sabjek penelitian ini adalah peneliti, siswa, dan observer. Siswa yang menjadi sabjek adalah siswa kelas V SD N 17 Parit Batu Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2011/ 2012 selama 6 minggu, sesuai dengan program semester yang telah diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif dan didukung pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian dengan menggunkan metode problem solving mengalami peningkatan dilihat dari perencanaan siklus I pertemuan1yaitu 60%, pertemuan 2 yakni75%, siklus II pertemuan 1yakni 85%, pertemuan 2 yakni 90%. Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 yakni 71,4%, pertemuan 2 yakni 82% siklus 2 pertemuan 1 yakni 82%, pertemuan 2 yakni 96%. Hasil belajar siswa rata-rata yang diperoleh pada siklus I pertemuan 1 yakni 73,9 dengan keberhasilan belajar 75%, meningkat pada siklus I pertemuan 2 adalah 78,2 dengan keberhasilan belajar 80%, mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 yakni 79 dengan keberhasilan belajar 80% dan semakin meningkat pada siklus II pertemuan 2 yaitu 80,7 dengan keberhasilan belajar 90%. Peningkatan ini dikarenakan karena adanya beberapa perlakukan pada siklus II yaitu guru merencanakan waktu pembelajaran dengan lebih baik, sehingga siklus II mengalami peningkatan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | metode problem solving, pembelajaran IPS, hasil belajar siswa | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Faldo Aldiasep | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:16 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:16 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28111 | 
         