Peningkatan Kemampuan Membaca Lancar Melalui Cerita Bergambar Bagi Siswa Kelas II SD 10 Puhun Pintu Kabun Bukittinggi

Suherman, Suherman (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Lancar Melalui Cerita Bergambar Bagi Siswa Kelas II SD 10 Puhun Pintu Kabun Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUHERMAN_88165-2011.pdf] Text
final_B1_SUHERMAN_88165-2011.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca lancar siswa kelas II SD 10 Puhun Pintu, Kabun Bukittinggi, yang berdampak pada pemahaman isi bacaan dan minat membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar melalui penerapan metode cerita bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD 10 Puhun Pintu Kabun Bukittinggi yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes membaca lancar, lembar observasi guru, dan dokumentasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca lancar siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata skor membaca lancar siswa pada kondisi awal sebesar 45,5, meningkat menjadi 62,3 pada siklus I, dan mencapai 78,4 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita bergambar dapat menumbuhkan minat dan kemampuan membaca siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca lancar, cerita bergambar, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:15
Last Modified: 29 Oct 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28107

Actions (login required)

View Item
View Item