Suheri, Suheri (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran RLE (Rangkaian Listrik dan Elektronika) Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUHERI-74051-2012.pdf
Download (320kB)
Abstract
Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika di kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang tidak seperti yang diharapkan. Masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang telah ditetapkan sekolah. Metode yang digunakan selama ini belum dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Untuk melihat kemungkinan ini, maka dilakukan suatu penelitian yang berbentuk experimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh Strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa terhadap hasil belajar Rangkaian Listrik dan Elektronika siswa kelas X TITL di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL tahun ajaran 2011/2012, yang terdiri dari dua kelas yaitu X TITL 1 terdiri dari 33 siswa sebagai kelas eksperimen, dan X TITL 2 terdiri dari 33 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Dari olah data hasil belajar, nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 77,75 dan hanya 7 orang atau 21,21% yang dinyatakan belum memenuhi KKM atau belum tuntas. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata adalah 68,18 dan 17 orang atau 51,51% yang belum memenuhi KKM atau belum tuntas. Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan penelitian dilakukan uji t, hasil pengolahan data menunjukkan harga nilai t hitung (4,29) > t tabel (1,67) pada taraf signifikan 5% (α =0,05). Artinya dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa terhadap hasil belajar Rangkaian Listrik dan Elektronika (RLE) siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) dapat meningkatkan hasil belajar RLE siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas, Hasil Belajar, Rangkaian Listrik dan Elektronika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:15 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28106 |
