Delvia, Suhelni (2011) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontruktivime terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA bagi Siswa Kelas V di SDN 39 Koto Baru Kec. Kubung Kab. Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUHELNI_DELVIA_78997_2865_2011.pdf
Download (378kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Untuk menjawab pertanyaan tersebut diajukan dua hipotesis yaitu pertama,tidak terdapat pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme yang signifikan terhap hasil belajar IPA bagi siswa kelas V di SDN 39 Koto Baru Tahun ajaran 2011/2012 dan kedua, terdapat pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme yang signifikan terhap hasil belajar IPA bagi siswa kelas V di SDN 39 Koto Baru Tahun ajaran 2011/2012 Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 39 Koto Baru Kec. Kubung Kab. Solok yang berjumlah 118 0rang yang terdiri dari 2 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, yaitu kelas Va dan Vb masing-masing berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan sumber data adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 76,38 dan rata-rata kelompok kontrol adalah 62,28. Dari uji t-tes diperoleh t hitung adalah 7,27 sedangkan t tabel adalah 2,00. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan Pendekatan Konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 39 Koto Baru Kec. Kubung Kab. Solok pada taraf kepercayaan 95%. Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan konstruktivisme diharapkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar IPA, Siswa Kelas V |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:14 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28105 |
