Penerapan Strategi Pembelajaran “Berbagi Pengetahuan Secara Aktif” dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA N 11 Padang

Suhardi, Suhardi (2009) Penerapan Strategi Pembelajaran “Berbagi Pengetahuan Secara Aktif” dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA N 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUHARDI-436-2011.pdf] Text
final_B1_SUHARDI-436-2011.pdf

Download (179kB)

Abstract

Akibat dari adanya masalah yang belum teratasi yaitu rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran dan juga rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Berbagi Pengetahuan Secara Aktif pada semester II 2008/2009. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat kali pertemuan dengan melibatkan dua orang guru fisika sebagai observer. Sebagai subjek dalam penelitian siswa kelas XI IPA SMA N 11 Padang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dalam bentuk format observasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase (%) untuk melihat kecenderungan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran, dan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa digunakan teknik statistik sederhana dengan mencari nilai rata-rata untuk setiap akhir siklus. 2 Hasil analisis data tentang aktivitas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus kedua dibanding siklus pertama, begitu juga terjadi peningkatan hasil belajar dari 69,56 pada siklus pertama naik menjadi 79,09 pada siklus kedua. Penerapan perlakuan secara umum menujukkan bahwa aktivitas positif, aktivitas negatif dan hasil belajar cukup memuaskan. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran Berbagi Pengetahuan Secara Aktif dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:14
Last Modified: 29 Oct 2025 09:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28103

Actions (login required)

View Item
View Item