Sapatundai, A. Sudarlina (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUDARLINA_SAPATUNDAI_90707_3248_2011.pdf
Download (763kB)
Abstract
Berdasarkan observasi dan wawancara yang peneliti laksanakan di SDN 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman masih rendah dan belum terlaksanan dengan baik. Hal ini disebabkan karena pembelajaran membaca pemahaman masih dilaksanakan secara konvensional. Guru masih menggunakan pendekatan secara klasikal. Hal ini siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan pendekatan Konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dibidang pendidikan dan pengajaran membaca pemahaman dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan untuk dua siklus, setiap siklus terdiri atas kegiatan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa penggunaaan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari hasil pepnelitian siklus I berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 75% dan hasil ketercapaian peserta didik adalah 73,81%. Hasil penelitian siklus II berdasarkan RPP 89,29% dan ketercapaian peserta didik adalah 80,25%. Perbandingan perolehan hasil pembelajaran membaca pemahaman sebelum tindakan adalah 69,57%, pada siklus I meningkat menjadi 73,81%, dan pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 80,25%. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dimasa yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | membaca pemahaman,pendekatan konstruktivisme,penelitian tindakan kelas | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Faldo Aldiasep | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:11 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:11 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28095 | 
         