Yusra, Yusra (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Soal Cerita Volume Kubus dan Balok di Kela V dengan menggunakan Model Polya pada SD N 32 Andalas Kec. Padang Timur Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUSRA_90372_2011.pdf
Download (187kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih ditemukan kesulitan siswa
menyelesaikan soal cerita volume kubus dan balok. Guru dalam pembelajaran
masih menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan langkah-langkah
penyelesaian soal cerita yang sesuai dengan dengan langkah-langkah model
Polya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk
rangcangan pembelajaran, pelaksanaannya dan peningkatan hasil belajar soal
cerita volume kubus dan balok dengan menggunakan model Polya di kelas V SD
N 32 Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dan setiap siklus dilakukan dengan 4
tahap model Polya yaitu memahami masalah, penetapan rencana masalah,
penyelesaian masalah, dan pemeriksaan kembali hasil belajar soal cerita volume
kubus dan balok. Sabjek peneliti adalah siswa kelas V SD N 32 Andalas
Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Hasil tes pada siklus I rata-rata 6,7. Sedangkan pada siklus II yaitu ratarata
8,7. Pada penilaian afektif siklus I diperoleh 63% dan pada siklus II 91%.
Penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh 62% dan pada siklus II 92%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar soal cerita volume kubus dan
balok dengan menggunakan Model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V SDN 32 Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:09 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28086 |
