Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi kelas X di SMA N 1 Lubuk Alung

Rezi, Yusra (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi kelas X di SMA N 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUSRA REZI_00341.pdf] Text
final_B1_YUSRA REZI_00341.pdf

Download (598kB)

Abstract

Pelajaran kimia merupakan pelajaran yang dianggap sulit sehingga kurang
diperhatikan oleh siswa. Dalam proses pembelajaran siswa hanya mendengarkan
apa yang disampaikan oleh guru. Hal inilah yang menyebabkan siswa sangat
tergantung pada guru dalam penguasaan materi sehingga kurangnya aktif siswa
yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Salah satu cara yang diharapkan
dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa adalah dengan memberikan
pembelajaran dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
rancangan penelitian Randomized Control Group Posttes design. Populasi dari
penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdaftar pada semester II tahun
ajaran 2011/2012 SMAN 1 Lubuk Alung. Sampel penelitian diambil dari anggota
populasi, pengambilannya menggunakan teknik random sampling. Setelah didapat
dua kelas sampel, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara
pengundian dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas
control. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian.
Hasil analisis data untuk ranah kognitif menunjukkkan bahwa nilai rata-rata hasil
belajar kelas eksperimen adalah 75,16 sedangkan pada kelas control adalah 65,47.
Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwa
kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang tidak
homogen. Maka uji hipotesis yang digunakan adalah uji t’. Setelah dilakukan
uji-t’ pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan t’hitung = 2,99 dan 1,70
1 2
1 1 2 2
w w
w t w t
artinya
1 2
1 1 2 2 '
w w
w t w t
t hitung sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakanstrategi pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization
hasil belajar lebih tinggi secara signifikan dari pada menggunakanpembelajaran
konvensional pada materi reaksi oksidasi reduksi di kelas X SMAN 1 Lubuk
Alung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:09
Last Modified: 29 Oct 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28085

Actions (login required)

View Item
View Item