Pengembangan Silabus dan RPP Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Oleh Guru – Guru di Gugus IV SD Negeri Kecamatan Kuranji Padang

Rahmadian, Rahmadian (2011) Pengembangan Silabus dan RPP Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Oleh Guru – Guru di Gugus IV SD Negeri Kecamatan Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAHMADIAN_78918_2417_2011.pdf] Text
final_B1_RAHMADIAN_78918_2417_2011.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa guru – guru di
Sekolah Dasar Negeri Gugus IV Kecamatan Kuranji Padang belum sepenuhnya
mampu mengembangkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
KTSP. Hal ini disebabkan karena guru kurang paham cara pengembangan KTSP,
kurangnya pelatihan terhadap guru terkait pengembangan silabus dan RPP KTSP.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif
yaitu mengungkapkan fenomena sebagaimana adanya. Populasi dalam penelitian
ini adalah guru yang mengajar di gugus IV SD Negeri Kecamatan Kuranji Padang
berjumlah 150 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah
teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa daftar
pertanyaan dan pernyataan. Teknik analisis data menggunakan skala Likert
dengan menggunakan rumus persentase dalam mengukur tingkat pencapaian
responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pengembangan silabus dan RPP
sesuai dengan KTSP oleh guru – guru di gugus IV Kecamatan Kuranji
menunjukkan hasil yang cukup baik (77,56%). Lebih dari setengah dari jumlah
sampel (guru) mampu mengembangkan RPP sesuai dengan keadaan, situasi
sekolah dan peserta didik. Kendatipun masih ada beberapa sekolah yang gurunya
belum mampu membuat RPP sendiri dan menggunakan silabus dan RPP sekolah
lain. Tidak semua guru pernah mengikuti pelatihan (diklat) terkait dengan
pengembangan KTSP. Setiap komponen dalam silabus dan RPP belum
sepenuhnya diuraikan secara rinci. Baru beberapa orang guru yang rutin
menggunakan media dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas.
Sarana dan prasarana di sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran turut
menjadi kendala bagi guru dalam mengembangkan RPP. Perlu dilakukan
pemeriksaan rutin oleh kepala sekolah terhadap RPP yang dibuat guru setiap hari.
Selain itu guru perlu diberikan pelatihan dan pembinaan terkait tentang
pengembangan silabus dan RPP yang sesuai dengan KTSP

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:09
Last Modified: 29 Oct 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28084

Actions (login required)

View Item
View Item