Optimalisasi Pengembangan Pembelajaran Sains Melalui Aktivitas Bermain Air di TK Al Ikhlas Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Yusnita, Yusnita (2011) Optimalisasi Pengembangan Pembelajaran Sains Melalui Aktivitas Bermain Air di TK Al Ikhlas Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUSNITA_10154_3768_2011.pdf] Text
final_B1_YUSNITA_10154_3768_2011.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pembelajaran sains
anak yang merupakan bidang pengembangan kognitif pada program pembelajaran
Taman Kanak-kanak, dalam kemampuan sikap sains anak dan proses sains belum
berkembang menurut semestinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menggambarkan pengembangan sains anak melalui bermain air. Sehingga dapat
dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu: “ Apakah dengan aktivitas
bermain air dapat mengoptimalkan pembelajaran sains anak, antara lain sikap
sains dan proses sains anak TK Al Ikhlas Tanjung Alai”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang subjek penelitian
anak TK Al Ikhlas Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten solok
tahun pelajaran 2010/2011 di kelompok B1 yang berjumlah 16 orang anak.
Pengumpulan data menggunakan format observasi, dokumen dan teknik analisis
data yang digunakan adalah persentase dengan tabel distribusi frekuensi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa aktivitas bermain air
dapat mengoptimalkan pengembangan pembelajaran sains anak, terbukti dari hasil
persentase siklus I sikap sains anak baik dan proses sains anak baik. Pada siklus II
sikap sains anak sangat baik dan proses sains anak sangat baik. Terbukti hasil
persentase meningkat dari siklus I ke siklus II, yaitu peningkatan sikap sains anak
yang baik sekali dan baik 92,5%. Peningkatan proses sains anak baik sekali dan
baik 87,5 %. Ini berarti bahwa secara umum pengembangan pembelajaran sains
anak sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karena itu
penilaian ini dihentikan sampai siklus II pada pertemuan 4, karena ketuntasan
minimal dalam pengembangan pembelajaran sains anak sudah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan
kegiatan bermain air dapat mengoptimalkan pembelajaran sains di TK Al Ikhlas
Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:09
Last Modified: 29 Oct 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28081

Actions (login required)

View Item
View Item