Hubungan antara Kecemasan Berkomunikasi dengan Kompetensi Sosial Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Negeri Padang

Hayati, Miftahul (2009) Hubungan antara Kecemasan Berkomunikasi dengan Kompetensi Sosial Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MIFTAHUL_HAYATI_68943_05_09.pdf] Text
final_B1_MIFTAHUL_HAYATI_68943_05_09.pdf

Download (174kB)

Abstract

Psikologi merupakan bidang ilmu yang mengkaji tentang perilaku
manusia. Oleh karena itu, kompetensi sosial merupakan salah satu syarat yang
harus dipenuhi oleh mahasiswa psikologi untuk dapat melakukan pekerjaan di
bidang psikologi. Namun demikian, kompetensi sosial ini sering terhalang dengan
adanya kecemasan berkomunikasi. Gejala ini juga terlihat dialami oleh sebagian
mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Negeri Padang. Oleh karena itu
penelitian ini didisain untuk mendeskripsikan hubungan antara kecemasan
berkomunikasi dengan kompetensi sosial mahasiswa Program Studi Psikologi
Universitas Negeri Padang.
Sampel penelitian ini terdiri dari 72 orang mahasiswa Program Studi
Psikologi Universitas Negeri Padang yang ditentukan dengan teknik stratified
random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kecemasan
berkomunikasi dan skala kompetensi sosial. Data yang terkumpul dianalisis
dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada umumnya mahasiswa
Program Studi Psikologi Universitas Negeri Padang memiliki kompetensi sosial
yang tinggi, kecemasan berkomunikasi yang rendah, dan terdapat hubungan yang
signifikan antara kecemasan berkomunikasi dengan kompetensi sosial mahasiswa
(r = -0,274). Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi
kecemasan berkomunikasi mahasiswa maka semakin rendah kompetensi sosialnya
dan sebaliknya. Untuk itu disarankan kepada: (1) mahasiswa Program Studi
Psikologi Universitas Negeri Padang agar dapat meningkatkan kompetensi sosial
mereka dengan mengurangi kecemasan berkomunikasi melalui program self-help
dan (2) para dosen untuk dapat melatih keterampilan berkomunikasi mahasiswa
melalui berbagai metode dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:06
Last Modified: 29 Oct 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28069

Actions (login required)

View Item
View Item