Rahman, A. (2011) Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_A_RAHMAN_5610_91004_2011.pdf
Download (119kB)
Abstract
Penenelitian ini berawal dari kenyataan lapangan, yaitu rendahnya
kemampuan guru memahami kurikulum sebagai salah tolok ukur proses yang
dilakukan. Tujuan penelitian adalah mengetahui seberapa jauh guru mampu
menganalisis dan menerapkan isi kurikulum dilihat dari aspek, perencanaan,
proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.
Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan populasi guru-guru pendidikan
jasmani. Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo berjumlah
14 orang. Penetapan sampel menggunakan teknik total sampling. Intstrumentasi
yang digunakan adalah penyebaran kusioner pada responden yang telah
ditetapkan. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah ; (1) sejauhmanakah guru
SD Negeri Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo membuat perencanaan dalam
proses pembelajaran berdasarkan kurikulum, (2) sejauhmanakah penjas SD Negeri
Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo melaksanakan proses belajar mengajara
berdasarkan kurikulum, dan (3) sejauhmanakah penjas SD Negeri Kecamatan
Jujuhan Kabupaten Bungo melakukan evaluasi proses belajar mengajar
berdasarkan kurikulum. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik
deskriptif melalui tabulasi ferkuensi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ‘(1) 85.16%. guru telah memuat
perencanaan dalam proses pembelajaran yang dilakukan , (2) 85.10%. guru telah
melakukan proses pembelajaran sesuai kurikulum, dan (3) 85.24% guru telah
melakukan evaluasi pembelajaran sesuai kurikulum.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:05 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28061 |
