Kemampuan Bernalar dalam Tulisan Argumentasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung

Wulandari, Yosi (2009) Kemampuan Bernalar dalam Tulisan Argumentasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YOSI WULANDARI 63952-05-09.pdf] Text
final_B1_YOSI WULANDARI 63952-05-09.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan bernalar merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki dalam menulis argumentasi. Hal ini dikarenakan dalam menulis sebagai keterampilan yang kompleks terutama tulisan argumentasi sangat dibutuhkan kemampuan bernalar yang baik agar tulisan tersebut dapat meyakinkan pembaca Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi tentang hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan bernalar dalam tulisan argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung dilihat dari ketepatan bernalar. Kedua, kemampuan bernalar dalam tulisan argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung dilihat dari keluasan bernalar. Ketiga, kemampuan bernalar secara umum dalam tulisan argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif bertujuan membuat gambaran, lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai data. Melalui metode ini peneliti dapat mengetahui secara spesifik kemampuan subjek yang menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 42 orang yang diambil berdasarkan persentase jumlah siswa per kelas. Data penelitian diperoleh melalui tes menulis argumentasi dengan memberikan empat pilihan topik kepada siswa. Kemudian, data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, membaca hasil tulisan siswa. Kedua, menganalisis data berupa ketepatan bernalar, keluasan bernalar, dan kemampuan bernalar secara umum. Ketiga, mengolah skor menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase. Keempat, menafsirkan rata-rata kemampuan bernalar dalam tulisan argumentasi, mengklasifikasikannya, dan membuat histogram per aspek yang dinilai. Kelima, menganalisis dan membahas data. Keenam, menyimpulkan hasil pembahasan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan bernalar dalam tulisan argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung dilihat dari ketepatan bernalar berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 69. Kedua, kemampuan bernalar dalam tulisan argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung dilihat dari keluasan bernalar berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 57,9. Ketiga, kemampuan bernalar secara umum dalam tulisan argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata- rata 63,5.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TULISAN ARGUMENTASI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:05
Last Modified: 29 Oct 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28060

Actions (login required)

View Item
View Item