Fuaddatin, Miftahul (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk- Write terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang pada Pokok Bahasan Minyak Bumi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MIFTAHUL FUADDATIN-84184-2011.pdf
Download (678kB)
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kimia
siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi dan aktivitas siswa dalam
belajar kimia. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Think-Talk-Write. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan apakah penerapan model pembelajaran koperatif tipe Think-Talk-
Write berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Pertiwi 1
Padang pada pokok bahasan minyak bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group
Posttest Only Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA
Pertiwi 1 Padang tahun ajaran 2010/2011. Sedangkan teknik penentuan sampel
adalah Random Sampling. Sehingga telah terpilih kelas sampel yaitu kelas X2
sebagai kelas kontrol dan kelas X3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak
23 soal yang telah di uji cobakan. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Dari
hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil tes akhir siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write lebih tinggi
dari pada pembelajaran tanpa tipe Think-Talk-Write. Setelah dilakukan uji t pada
taraf signifikan 0,05, diperoleh thitung berada di daerah penolakan H0, dengan
demikian hipotesis H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa
pada pokok bahasan minyak bumi menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Think-Talk-Write lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa tanpa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write . Ini berarti
model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:05 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28059 |
