Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Sinyal Video Kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Graha, Alwan Aditya (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Sinyal Video Kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ALWAN_ADITYA_GRAHA_1302398_1000_2018.pdf] Text
B1_05_ALWAN_ADITYA_GRAHA_1302398_1000_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Dasar-Dasar Sinyal Video (DDSV). Media yang umum digunakan
belum optimal dan tidak dapat memvisualisasikan suatu keadaan yang
sebenarnya, media yang digunakan saat ini belum membuat siswa belajar secara
interaktif dan belum dapat melibatkan siswa belajar secara mandiri serta materi
pelajaran juga memiliki tingkat keabstrakan yang cukup tinggi. Hal inilah yang
kemudian menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal yang
berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan media
pembelajaran yang dapat membuat siswa belajar secara interaktif dan mandiri
serta dapat membuat materi pembelajaran yang bersifat abstrak manjadi konkret.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif yang
valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran DDSV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan
4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design),
pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Media pembelajaran
interaktif DDSV yang dikembangkan terbatas pada kompetensi dasar menjelaskan
sistem pembentukan gambar dan menjelaskan prinsip kerja tabung gambar.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang
diberikan kepada dua orang dosen Teknik Elektronika dan dua orang guru mata
pelajaran DDSV sebagai validator. Responden untuk uji coba praktikalitas dan
efektivitas adalah siswa kelas XI TAV dan guru mata pelajaran DDSV. Data
praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang disebarkan kepada guru mata
pelajaran DDSV dan siswa kelas XI TAV. Data efektivitas diperoleh dari hasil
posttest siswa kelas XI TAV SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data validitas dari tim validator
yaitu validator 1 sebesar 89,47%, validator 2 sebesar 93,42%, validator 3 sebesar
93,42% dan validator 4 sebesar 98,68% dengan kategori secara keseluruhan
dinyatakan valid. Hasi uji praktikalitas dari dua orang guru diperoleh sebesar
92,5% dan siswa sebesar 85,67%. Hasil uji efektivitas didapatkan ketuntasan
belajar siswa sebesar 88%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan
media pembelajaran DDSV yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash Pembelajaran Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:04
Last Modified: 29 Oct 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28058

Actions (login required)

View Item
View Item