Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran TIK di Kelas VII SMP Negeri 2 Pancung Soal

Rahmadani, Rahmadani (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran TIK di Kelas VII SMP Negeri 2 Pancung Soal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAHMADANI 78987-09.pdf] Text
final_B1_RAHMADANI 78987-09.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak masalah yang ditemui guru
diantaranya siswa kurang aktif, tidak mau bertanya dan masalah serius adalah
tidak tersedianya alat-alat untuk praktek (laboraturium komputer). Pembelajaran
di dalam kelas sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi, sedangkan
siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini perlu menjadi perhatian guru agar
permasalahan ini tidak berlarut-larut dan harus segera diatasi salah satu metode
yang akan diterapkan dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
adalah dengan memilih metode kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan
subjek penelitian adalah siswa kelas VII1 SMP N 2 Pancung Soal semester II
tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar, sedangkan alat pengumpul
data adalah pedoman observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar (ulangan)
siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.
Hasil temuan dari penelitian ini pada siklus I pada pertemuan I aktivitas
belajar siswa mencatat hasil diskusi, menjelaskan hasil diskusi,
mempresentasekan didepan kelas, bertanya dan mengemukakan pendapat serta
kerja sama dan tanggung jawab belum menunjukkan ketuntasan belajar siswa
yang sangat berarti yaitu baru mencapai 56% dan pada pertemuan II menjelaskan
hasil diskusi, mempresentasekan didepan kelas, bertanya dan mengemukakan
pendapat serta kerja sama dan tanggung jawab juga belum menunjukan
peningkatan yang berarti yaitu baru mencapai 64,15% sedangkan batas ketuntasan
yang diharapkan sebanyak 65%. Selanjutnya hasil temuan pada siklus II pada
pertemuan I aktivitas belajar siswa mencatat hasil diskusi, menjelaskan hasil
diskusi, mempresentasekan didepan kelas, bertanya dan mengemukakan pendapat
sudah menunjukan ketutasan belajar yang sangat berarti yaitu dengan ketuntasan
70,35% dan pada pertemua II menjelaskan hasil diskusi, mempresentasekan
didepan kelas, bertanya dan mengemukakan pendapat sudah menunjukkan sudah
menunjukan peningkatan yang sangat berarti yaitu dengan ketuntasan 77,50%
dengan batas ketuntasan belajar siswa yang diharapkan mencapai 79,93%, ini
berarti bahwa materi yang disampaikan telah mencapai target ketuntasan belajar
yang diharapkan. Jadi dengan menggunakan metode kerja kelompok dalam
pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VII1 SMP N 2 Pancung
Soal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:28
Last Modified: 28 Oct 2025 10:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28034

Actions (login required)

View Item
View Item