Using Project Based Learning in Teaching Writing a Procedure Text to Senior High School Students

Zaki A, Abdi (2014) Using Project Based Learning in Teaching Writing a Procedure Text to Senior High School Students. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ABDI_ZAKI_A_04698_1895_2014.pdf] Text
final_B1_ABDI_ZAKI_A_04698_1895_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Procedure text adalah salah satu genre text yang dipelajari siswa SMA
dalam pelajaran Bahasa Inggris kelas X selain narrative dan recount. Meskipun
bukan termasuk genre teks yang susah, terkadang faktor kejenuhan menjadi
kendala dalam penyerapan materi procedure text itu sendiri. Ternyata pengajaran
procedure text bisa dikemas dengan menarik. Siswa diharapkan menghasilkan
sebuah karya berupa tips dan menampilkan tips tersebut dalam bentuk persentasi.
Pembelajaran seperti ini dikenal dengan project based learning. Dalam proses
pembelajaran siswa tetap ditekankan pada pembahasan procedure text. Pada awal
pertemuan guru menarik perhatian siswa dengan menanyakan pengalaman di
dalam kehidupan sehari–hari seperti contoh “how to be a nice person”. Kemudian
siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan
pengalaman mereka sendiri. Setelah itu guru memberitahukan jenis teks yang
akan dipelajarai yaitu procedure text. Dalam membuat procedure text ini siswa
tidak bekerja sendirian tetapi siswa akan membuat procedure text di dalam
kelompok. Kemudian kelompok membuat procedure text yang bertopik tips
dengan melalui 10 tahap pengajaran project based learning. Di dalam 10 tahap
tersebut, tiap grup akan mencari informasi, mendapatkan informasi, mengolah
informasi dan membuat procedure text berdasarkan informasi yang telah
didapatkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:26
Last Modified: 28 Oct 2025 10:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28018

Actions (login required)

View Item
View Item