Dwi, Elfrimo (2015) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi Kelas X Jasa Boga di SMK Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_ELFRIMO_DWI_55727_4040_2015.pdf
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Gizi di kelas X Jasa Boga. Penelitian ini bertujuan untuk, 1)
Mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Gizi kelas X jasa
Boga di SMK Negeri 9 Padang, 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Gizi kelas X jasa Boga di SMK Negeri 9 Padang, 3) Untuk
mengungkapkan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Ilmu Gizi kelas X jasa Boga di SMK Negeri 9 Padang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X Jasa Boga yang berjumlah 120 orang dengan jumlah sampel 30
orang dengan menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala Likert yang telah teruji
validitas dan relibilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskripsi dan
korelasi dengan menggunakan rumus dan dihitung secara manual. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa untuk : (1) motivasi siswa yaitu 29 responden (96,6%) termasuk
dalam kategori sangat tinggi dan 1 responden (3,33%) termasuk dalam kategori
tinggi. (2) hasil belajar mata pelajaran Ilmu Gizi dari 30 responden dapat
dikelompokkan sebagai berikut : 5 responden (16,6%) lulus dengan kategori amat
baik, 8 responden (26,6%) lulus dengan kategori baik, 16 responden (53,3%)
termasuk pada kategori lulus cukup, 1 responden (3,3%) kategori belum lulus. (3)
Hasil uji Korelasi Product Moment terdapat hubungan secara positif dan signifikan
antara motivasi belajar dengan hasil belajar dengan nilai r sebesar 0,400. Berdasarkan
hasil analisis data tentang keberartian korelasi dengan menggunakan uji t diperoleh
hasil thitung sebesar 2,309 dengan taraf signifikan 0,05 sedangkan ttabel sebesar 2,048,
maka diambil kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan (Ha) diterima, artinya
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil
belajar Ilmu Gizi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:24 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:25 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28010 |
