Rajak, Abdul (2011) Pengembangan Bahan Ajar Online Berbasis LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) untuk Pembelajaran Fisika pada Pokok Bahasan Termodinamika di Sekolah Menengah Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ABDUL RAJAK-84099-2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa guru masih
mengalami kesulitan dalam pembelajaran fisika khususnya materi termodinamika
antara lain: sarana laboratorium yang kurang mendukung, minimnya bahan ajar
berbasis ICT, ketersediaan waktu jam pelajaran yang diberikan tidak sesuai
dengan padatnya materi yang akan disampaikan. Mengingat fasilitas ICT seperti
komputer dan internet pada umumnya sudah memadai di sekolah, maka salah
satu
alternatif adalah menerapkan pembelajaran berbasis ICT dengan
mengembangkan bahan ajar online yang disajikan dalam paket portal
pembelajaran online fisika (e-learning physiscs). Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar online yang valid dan efektif serta dapat mengatasi
permasalahan dalam pembelajaran termodinamika selama ini.
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Objek penelitian
adalah bahan ajar online yang disajikan dalam portal pembelajaran online fisika
(e-learning physics). Prosedur penelitian meliputi mengenal potensi dan masalah,
mengumpulkan informasi, mendesain produk, menvalidasi desain, memperbaiki
desain, dan menguji coba produk. Instrumen pengumpul data penelitian adalah
lembar validasi. Analisis produk yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan,
sedangkan analisis data ada dua yaitu: metoda grafik dan analisis deskriptif.
Berdasarkan analisis produk dan data yang telah dilakukan dapat
dikemukakan empat hasil penelitian ini. Pertama, bahan ajar online yang
dihasilkan berupa portal e-learning yang di dalamnya terdiri dari: pretes, bahan
ajar dan postes untuk empat kali pertemuan. Kedua, bahan ajar online memiliki
tingkat validitas dengan kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 86,14 untuk uji
pakar dosen dan 91,32 untuk uji pakar guru. Ketiga, bahan ajar online dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dilihat dari perolehan rata-rata nilai
motivasi 71,91 sebelum menggunakan bahan ajar online dan 76,20 sesudah
menggunakan bahan ajar online. Keempat, pada ranah kognitif didapat perolehan
nilai rata-rata pretes 79,88 dan nilai rata-rata postes 85,77. Dengan uji statistik t
diperoleh thitung = 4,62 dan ttabel = 2,04 yang menunjukkan bahwa bahan ajar
online dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:24 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28006 |
