Firtia, Rizky (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Piobang Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RIZKY FIRTIA, 83302.pdf
Download (506kB)
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti terhadap guru dan
siswa kelas IV SD Negeri 02 Piobang Kecamatan Payakumbuh dalam
pembelajaran luas jajar genjang dan segitiga pada semester satu tahun ajaran
2010/2011, guru belum mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga
menimbulkan kebosanan pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa
yang masih rendah, dibuktikan dengan rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 55,5
sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 65. Untuk
mengatasi masalah tersebut salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar luas jajar genjang dan segitiga.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action
research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali
pertemuan. Siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV
SD Negeri 02 Piobang Kecamatan Payakumbuh. Data penelitian ini diperoleh
dengan menggunakan tes dan pengamatan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terlihat meningkat, pada tes tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah
72,71 dengan ketuntasan 50% dan pada siklus II menjadi 87,17 dengan ketuntasan
91,17%. Selain itu aktivitas guru dan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan
pada setiap pertemuan yang dipantau melalui lembar pengamatan penerapan
pendekatan CTL. Berdasarkan hasil penelitian didapat simpulan bahwa
pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran luas jajar
genjang dan segitiga.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:23 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:23 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28002 |
