Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Pembelajaran Sejarah di MAN 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2010/2011

Yuzhar, Rizki (2011) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Pembelajaran Sejarah di MAN 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZKI_YUZHAR_68083_2622_2011.pdf] Text
final_B1_RIZKI_YUZHAR_68083_2622_2011.pdf

Download (290kB)

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang merupakan penyempurnaan
dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) adalah
kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan
pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan salah satu wujud reformasi
pendidikan yang memberikan otonomi luas pada setiap satuan pendidikan untuk
mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan masingmasing. KTSP sebagai inovasi terbaru dalam rangka peningkatan kualitas kurikulum
tidaklah mudah diterapkan secara universal dan instant, bahkan Departemen Pendidikan
Nasional menargetkan paling lambat tahun 2009/2010 semua sekolah telah melaksanakan
KTSP secara menyeluruh. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah yang dikaji
dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan guru Sejarah di MAN 2
Payakumbuh dalam menyusun silabus, (2) Bagaimana kemampuan guru Sejarah di MAN 2
Payakumbuh dalam menyusun RPP, (3) Bagaimana kesesuaian antara RPP dengan
pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana
kemampuan guru Sejarah di MAN 2 Payakumbuh dalam menyusun silabus, (2) Untuk
mengetahui bagaimana kemampuan guru Sejarah di MAN 2 Payakumbuh dalam menyusun
RPP, (3) Untuk mengetahui bagaimana kesesuaian RPP dengan pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah Studi Evaluatif dengan lokasi penelitian di MAN 2
Payakumbuh. Sumber data dalam penelitian ini yang diperoleh secara langsung dari
informan di lapangan yaitu melalui wawancara mendalam (indept interview) observasi
partisipasi dan studi dokumentasi. Data ini diolah dengan menggunakan teknik analisis
interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru Sejarah
telah menyusun program-program sesuai dengan acuan dalam KTSP, program tersebut
seperti program tahunan, program semester, program mingguan dan harian, program
pengayaan dan remedial, serta program pengembangan diri. Pengembangan silabus oleh
guru Sejarah masih mengadopsi model silabus dari Depdiknas, selanjutnya model silabus
tersebut ditelaah dan disesuaikan dengan kondisi sekolah. Dalam penyusunan silabus guru
Sejarah tidak mengalami hambatan yang berarti karena dalam penyusunannya dikerjakan
secara bersama-sama dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah.
Dalam hal penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru Sejarah diberi
kebebasan untuk mengubah, memodifikasi, dan menyesuaikan silabus dengan kondisi
sekolah dan karakteristik peserta didik. Penyusunan RPP oleh guru Sejarah dilakukan
secara sekaligus untuk beberapa pertemuan, hal ini disebabkan adanya kesibukan. Pada
awal pembelajaran guru Sejarah melakukan kegiatan apersepsi, namun tidak pernah
mengadakan pre-test, guru masih menggunakan metode ceramah, namun hanya untuk
membantu siswa dalam memahami materi dan keaktifan siswa sangat diprioritaskan tapi
belum terlaksana. Dalam pembelajaran guru belum menerapkan berbagai metode, sumber
belajar serta media yang variatif. Evaluasi hasil belajar dilakukan guru melalui Penilaian
Berbasis Kelas (PBK) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam aspek penguasaan
konsep dan penerapan konsep. Selain itu, guru telah menerapkan pendekatan pembelajaran
tuntas dengan mengadakan program remidi dan program pengayaan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:23
Last Modified: 28 Oct 2025 10:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27999

Actions (login required)

View Item
View Item