Ananda, Rizki (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Pendekatan Pragmatik bagi Siswa Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RIZKI_ANANDA_83239_3139_2011.pdf
Download (298kB)
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan penulis di kelas V SDN 18 Air
Tawar Selatan, terungkap bahwa siswa kurang berani jika disuruh berbicara di
depan kelas karena merasa takut dan malu, hal ini disebabkan karena guru tidak
membuat perencanaan dengan matang, penekanan pembelajaran berbahasa hanya
pada keterampilan membaca dan menulis. Sedangkan keterampilan berbicara
selama ini belum maksimal terlaksana. Fenomena ini membuat penulis tertarik
untuk untuk melakukan penelitian tindakan kelas ini. Tujuannya agar siswa
berani, terbiasa, dan dapat berbicara sesuai dengan pilihan kata, lafal, dan intonasi
yang tepat.
Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengamatan dan menggunakan
lembaran observasi serta instrument-instrumen lain penunjang penelitian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 18 Air
Tawar Selatan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pendekatan pragmatik dapat
meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada tahap prabicara ketercapaian
pada siklus I yang diperoleh siswa adalah 70% dan pada siklus II meningkat
menjadi 85%, pada tahap saat bicara ketercapaian pada siklus I 68,75% dan pada
siklus II menjadi 87,5%, dan pada tahap pascabicara ketercpaian pada siklus I
adalah 87,5% dan pada siklus II juga relatif sama yaitu 87,5%. Sebelum tindakan
ketercapaian yang diperoleh siswa adalah 69,36%, setelah siklus I 78,08%, dan
pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,27%. Dari paparan data di atas terbukti
pendekatan pragmatik telah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Lafal, intonasi, tekanan, dan ekspresi siswa telah berkembang dengan baik.
Imajinasi siswapun semakin berkembang saat berbicara tentunya dengan
memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. Dapat disimpulkan bahwa
pada penelitian dengan menggunakan pendekatan pragmatik ini dapat
meningkatan keterampilan berbicara siswa dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:22 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:22 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27994 |
