Illahi, Rizki (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Software Macromedia Flash 8 pada Materi Dimensi Tiga di Kelas X Sekolah Menengah Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RIZKI ILLAHI_83890_2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Media pembelajaran interaktif yang sudah diproduksi belum mampu
melatih siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri, terutama untuk
materi dimensi tiga. Untuk mengatasi masalah ini, maka dikembangkan media
pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme pada materi dimensi tiga.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana validitas, praktikalitas dan
efektivitas media pembelajaran interaktif yang dikembangkan?. Aspek efektivitas
difokuskan pada bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan
media pembelajaran interaktif dan apakah motivasi siswa setelah menggunakan
media pembelajaran interaktif lebih baik dari pada pembelajaran sebelumnya?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model
ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Analisis kebutuhan
dilakukan dengan cara wawancara dengan guru dan siswa, analisis silabus dan
media pembelajaran yang sudah ada. Berdasarkan hasil analisis dilakukan
perancangan background, isi, layout, dan tombol navigasi. Hasil rancangan
diterapkan menggunakan software macromedia flash 8 dan divalidasi oleh pakar
multimedia, pakar matematika, pakar bahasa. Setelah memperoleh media yang
valid dilakukan uji coba terbatas kepada 9 orang siswa dan 3 orang guru
matematika. Tahap evaluasi menggunakan rancangan penelitian ”one group
pretest-posttest design”, dan dilaksanakan di kelas X 4 SMA Negeri 1 Lubuk
Basung. Data aktivitas siswa diperoleh dengan cara observasi kelas dan dianalisis
dengan teknik persentase. Data motivasi siswa diperoleh dari angket pretestposttest dan dianalisis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; media pembelajaran interaktif yang
dikembangkan sudah valid menurut ketiga pakar, media mudah digunakan karena
terdapatnya petunjuk penggunaan yang mudah dipahami dan desain sederhana,
animasi dan permasalahan yang ditampilkan telah membantu siswa dalam
memvisualisasikan materi serta mengkonstruksi pengetahuan siswa. Media
tersebut efektif meningkatkan aktivitas positif siswa khususnya aktivitas tentang
mengungkapkan ide yang mereka miliki, mengajukan pertanyaan, memberikan
tanggapan dan mendengarkan. Hasil analisis angket diperoleh motivasi siswa
setelah menggunaka media pembelajaran interaktif lebih baik dari pada sebelum
penggunaan media pembelajaran interaktif.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:22 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:22 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27990 |
