Meningkatkan Perkembangan Berbahasa Anak Melalui Bercerita Menggunakan Replika Boneka di TK Pemuda Puteri Indonesia Kota Payakumbuh

Putri, Rizka Perdana (2011) Meningkatkan Perkembangan Berbahasa Anak Melalui Bercerita Menggunakan Replika Boneka di TK Pemuda Puteri Indonesia Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZKA_PERDANA_PUTRI_51168_3409_2011.pdf] Text
final_B1_RIZKA_PERDANA_PUTRI_51168_3409_2011.pdf

Download (387kB)

Abstract

Perkembangan berbahasa anak dalam bercerita di TK Pemuda Puteri
Indonesia masih rendah (di bawah KKM yang diterapakan). Tujuan penelitian
tindakan kelas adalah untuk meningkatkan perkembangan berbahasa anak untuk
bercerita menggunakan kalimat sederhana.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan
subjek penelitian TK Pemuda Puteri Indonesia Payakumbuh pada kelompok B3
yang berjumlah 15 orang anak dengan menggunakan media replika boneka,
tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara
dan format hasil penelitian anak selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian
disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan perkembangan berbahasa
anak dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah, pada siklus I
peningkatan perkembangan berbahasa anak terlihat masih kurang aktif sesuai
dengan persentase tingkat keberhasilan anak mencapai 42.66% dan dilanjutkan
siklus II perkembangan berbahasa anak menjadi lebih meningkat serta
menunjukkan hasil yang positif, terlihat dengan adanya tercapainya persentase
tingkat keberhasilan anak meningkat menjadi 89.34%, sehingga hasil rata-rata
tingkat keberhasilan anak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang
telah ditetapkan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:21
Last Modified: 28 Oct 2025 10:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27987

Actions (login required)

View Item
View Item