Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang-Layang Dengan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V SDNegeri 11 Payakumbuh

Kusumawati, Rizka (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang-Layang Dengan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V SDNegeri 11 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZKA KUSUMAWATI_52649_2012.pdf] Text
final_B1_RIZKA KUSUMAWATI_52649_2012.pdf

Download (320kB)

Abstract

Pembelajaran luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V SD
Negeri 11 Payakumbuh yang dilaksanakan guru masih menggunakan pendekatan
konvensional yaitu mengajar yang mengutamakan ceramah. Guru hanya
menjelaskan materi, meminta siswa menghafal luas trapesium dan layang-layang
tanpa melibatkan siswa secara langsung untuk menemukan sendiri luas trapesium
dan layang-layang tersebut. Sehingga siswa kurang aktif, bosan dan kurang
mampu bekerjasama secara baik saat belajar. Untuk itu peneliti tertarik
memperbaiki proses pembelajaran luas trapesium dan layang-layang dengan
menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan
hasil tes setiap tindakan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran
luas trapesium dan layang-layang dengan pendekatan kooperatif tipe STAD di
kelas V SD Negeri 11 Payakumbuh. Subjek penelitian merupakan siswa kelas V
SD Negeri 11 Payakumbuh sebanyak 20 orang. Analisis data menggunakan
analisis data kulitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4
tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata
kelas pada aspek kognitif 59%, dengan persentase ketuntasan 55%, aspek kognitif
69% dan psikomotor 67%. Pada siklus I pertemuan II aspek kognitif 60%, afektif
73% dan psikomotor 75%. Pada siklus II pertemuan I terjadi peningkatan terhadap
hasil belajar. Aspek kognitif meningkat menjadi 77%, afektif 83% dan psikomotor
84%. Siklus II pertemuan II aspek kognitifnya 83%, afektif 87% dan psikomotor
92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang di kelas
V SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:21
Last Modified: 28 Oct 2025 10:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27982

Actions (login required)

View Item
View Item