Kontribusi Status Gizi dan Kesegaran Jasmani terhadap Hasil belajar Siswa di SD Angkasa II Lanud Padang

Sartika, Rizi Yuni (2011) Kontribusi Status Gizi dan Kesegaran Jasmani terhadap Hasil belajar Siswa di SD Angkasa II Lanud Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZI_ YUNI_ SARTIKA89946_2011.pdf] Text
final_B1_RIZI_ YUNI_ SARTIKA89946_2011.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani
siswa, hasil belajar siswa siswa, dan untuk mengetahui kontribusi kesegaran
jasmani terhadap hasil belajar siswa siswa putra Sekolah Dasar Angkasa II Lanud
Padang.
Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini semua
siswa putra SD Angkasa II Lanud Padang dari kelas I sampai kelas VI berjumlah
95 orang, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling sehingga
diperoleh sampel sebanyak 20 orang. Data status gizi diperoleh dari skor ambang
batas IMT, Data kesegaran jasmani diambil dengan TKJI umur 10-12 tahun,
sedangkan hasil belajar siswa diambil dengan nilai raport semester I.
Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product
moment dilajutkan kontribusi dengan taraf signifikan α 0,05. Dari analisis data
status gizi diperoleh hasil rhitung = 0,263 < rtabel = 0,444 dengan taraf signifikan α =
0,05. Artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kontribusi antara status gizi terhadap hasil
dengan belajar siswa sebesar 6.93%. Dari analisis data kesegaran jasmani
diperoleh hasil rhitung = 0,467 > rtabel = 0,444 dengan taraf signifikan α = 0,05.
Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmai
dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis fhitung = 2,47 > ftabel = 3,59
dengan taraf signifikan α = 0,05. Artinya terdapat hubungan yag signifikan antara
status gizi dan tingkat kesegaran jasmai secara bersama-sama dengan hasil belajar
siswa. Berdasarkan hasil analisis data status gizi dan kesegran jasmani secara
bersama-sama memiliki kontribusi sebesar 22,29 % terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:18
Last Modified: 28 Oct 2025 10:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27975

Actions (login required)

View Item
View Item