Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Penjasorkes di SD Negeri 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Yusni, Yusni (2011) Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Penjasorkes di SD Negeri 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUSNI_08808_1156_2011.pdf] Text
final_B1_YUSNI_08808_1156_2011.pdf

Download (169kB)

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya hasil belajar penjasorkes siswa
di SD Negeri 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Banyak
faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar penjasorkes tersebut
diantaranya adalah faktor status gizi yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan hasil belajar
penjasorkes siswa di SD Negeri 04 Lembah Melintang Kabupaten
Pasaman Barat.
Jenis penelitian adalah korelasional, populasi adalah seluruh siswa
siswa SD Negeri 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat
berjumlah sebanyak 145. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Dengan demikian jumlah
sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 25 orang. Jenis data
dalam penelitian yaitu data primer, data yang langsung diperoleh dari
responden dengan tes status gizi dan hasil belajar penjasorkes diperoleh
dari nilai yang tertera pada dirapor. Sedangkan data sekunder yaitu data
tentang jumlah siswa yang diperoleh dari kantor Tata Usaha sekolah
bersangkutan. Data dinalasis dengan menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh diperoleh rhitung = 0,630 >
rtabel 0,468. Artinya terdapat hubungan yang signifikan satus gizi dengan
hasil belajar penjasorkes siswa puteri di SD Negeri 04 Lembah Melintang
Kabupaten Pasaman Barat, diterima kebenarannya secara empiris

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:17
Last Modified: 28 Oct 2025 10:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27971

Actions (login required)

View Item
View Item