Kontribusi Metode Pemberian Tugas dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mikrokontroller Siswa Kelas XI Jurusan Eloktronika Industri SMK Semen Padang.

Dewi, Rizata (2011) Kontribusi Metode Pemberian Tugas dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mikrokontroller Siswa Kelas XI Jurusan Eloktronika Industri SMK Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZATA_DEWI_94149_794_2011.pdf] Text
final_B1_RIZATA_DEWI_94149_794_2011.pdf

Download (221kB)

Abstract

Permasalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
mikrokontroller.hal ini terlihat masih banyak hasil belajar siswa berada dibawah standar ketuntasan
yang ditetapkan disekolah yaitu 7,00.dari banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar diataranya
adalah pemberian tugas dan kebiasaan belajar.tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan
seberapa besar Kontribusi Metode Pemberian Tugas dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar
Mata Pelajaran Mikrokontroller Siswa Kelas XI Jurusan Eloktronika Industri SMK Semen Padang.jenis
penelitian ini adalah deskriptif korelatif adalah penelitian yang dirancang untuk mengungkap tingkat
hubungan antara variable‐variabel yang berbeda dalam suatu populasi yang bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar kontribusi variable bebas terhadap variable terikat serta bentuk arah
hubungan yang terjadi.populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdaftar di SMK
Semen Padang TP 2010/2011.keseluruhan dari populasi diambil sebagai sample yatu sebanayak 22
orang.data penelitian ini adalah mengenai metode pemberian tugas dan kebiasaan belajar siswa kelas
XI elektronika idustri SMK Semen Padang. (X1) metode pemberian tugas yang tergolong sedang dan
baik yaitu sebesar 40,91% dan 36,36%. Ini menandakan penerapan metode pemberian tugas direspon
dengan baik oleh siswa. Berdasarkan uji hipotesis kontribusi antara metode pemberian tugas dengan
hasil belajar, terdapat hubungan yang signifikan sebesar 31%.(X2)kebiasaan belajar pada kategori
baik dan sedang yaitu sebesar 36,36 % dan 27,27%. Sementara itu masih ada 22,73% siswa yang
memiliki kebiasaan kurang baik, sehingga dari analisis uji hipotesis ditemukan sangat kecil kontribusi
kebiasaan belajar dengan hasil belajar yaitu 1,7%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:15
Last Modified: 28 Oct 2025 10:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27964

Actions (login required)

View Item
View Item