Tinjauan tentang Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Gugus IV SD Negeri Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman.

Hardi, Rizal (2010) Tinjauan tentang Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Gugus IV SD Negeri Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZAL _HADI_2001_10889_2011.pdf] Text
final_B1_RIZAL _HADI_2001_10889_2011.pdf

Download (163kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di beberapa Sekolah Dasar Negeri
Gugus IV Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman diperoleh gambaran belum
maksimalnya pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
(Penjasorkes). Indikasinya adalah umumnya siswa kurang menguasai gerak dan
kurangnya minat siswa saat pembelajaran Penjasorkes. Fenomena ini diduga
berkaitan dengan beberapa aspek pembelajaran, seperti perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi pembelajaran Penjasorkes. Tujuan penelitian adalah untuk
mengungkapkan: (1) perencanaan pembelajaran Penjasorkes di Gugus IV
Kecamatan Panti Kabupaten; (2) pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes di Gugus
IV Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman; dan (3) evaluasi pembelajaran
Penjasorkes di Gugus IV Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Populasi
penelitian ini adalah kepala SD Negeri di Gugus IV Kecamatan Panti Kabupaten
Pasaman dengan jumlah 7 orang. Karena jumlah anggota populasi kurang dari 100,
semua anggota populasi langsung dijadikan sebagai sampel penelitian (total
sampling).
Data penelitian dikumpulkan dengan angket model skala Likert dengan lima
alternative jawaban (sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju, dan sangat
tidak setuju). Jumlah pernyataan untuk aspek perencanaan pembelajaran 18 butir,
pelaksanaan pembelajaran 18 butir, dan evaluasi pembelajaran 14 butir. Total
pernyataan pada angket 50 butir. Sebaran jawaban responden pada setiap alternatif
jawaban dianalisis dengan teknik persentase.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi pembelajaran
Penjasorkes di Gugus IV SD Negeri Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman.
Berdasarkan jawaban responden pada skor 5 dan 4, persentase jawaban responden
pada perencanaan pembelajaran adalah 56,35% (cukup baik), pelaksanaan
pembelajaran 57,15% (cukup baik), dan evaluasi pembelajaran 48,98% (cukup
baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Penjasorkes di
Gugus IV SD Negeri Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman berada pada kategori
cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:13
Last Modified: 28 Oct 2025 10:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27955

Actions (login required)

View Item
View Item