Penerapan Teknik Probing-Prompting dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII7 SMPN 1 Lubuk Sikaping Tahun Pelajaran 2010/2011

Zulfia, Meta (2011) Penerapan Teknik Probing-Prompting dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII7 SMPN 1 Lubuk Sikaping Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_META ZULFIA_86086_2011.pdf] Text
final_B1_META ZULFIA_86086_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa banyak siswa kurang
tertarik belajar matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 1 Lubuk
Sikaping, terlihat pembelajaran masih berpusat pada guru. Pada umumnya guru
memulai pembelajaran langsung dengan memaparkan materi, memberikan contoh
soal dan selanjutnya mengevaluasi siswa melalui soal latihan. Siswa menerima
pelajaran secara pasif dan kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan ide/
gagasannya. Dalam proses pembelajan siswa lebih banyak diam dan hanya sedikit
yang mau mengeluarkan pendapatnya. Pembelajaran yang cenderung terpusat pada
guru mengakibatkan berkurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan guru
untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa adalah
menggunakan teknik probing-prompting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya
teknik Probing-Prompting dalam mata pelajaran matematika. Rumusan Masalahnya
adalah : 1) Bagaimana aktivitas belajar siswa selama diterapkan teknik probingprompting
dalam pembelajaran matematika di kelas VII7 SMPN 1 Lubuk Sikaping?
2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan teknik probing- prompting dalam
pembelajaran matematika di kelas VII7 SMPN 1 Lubuk Sikaping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan One Shot
Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII7 SMPN 1 Lubuk
Sikaping.Untuk memperoleh data digunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes
hasil belajar berupa tes essay pada kelas subjek.. Data yang diperoleh dianalisis
peningkatan ketuntasan, kemudian dibandingkan dengan nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM ) yang ditetapkan sekolah yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, penggunaan Teknik Probing-
Prompting dapat meningkatkan aktivitas siswa terutama pada aktivitas mengerjakan
LKS secara berkelompok. Hasil belajar matematika dari 35 orang siswa yang
mengikuti tes akhir, 28 orang siswa(80%) dapat dinyatakan tuntas sedangkan
sebelum diadakan penelitian jumlah siswa yang tuntas hanya 15 orang (42%).
Dengan demikian, penerapan Teknik Probing-Prompting dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII7 SMPN 1 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:17
Last Modified: 28 Oct 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27930

Actions (login required)

View Item
View Item