ElfiYandi, Riyo Siska (2011) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Strategi Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RIYO_SISKA_ELFIYANDI_5258_2011.pdf
Download (404kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa
khususnya pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, masih
kurangnya peran siswa dan didominasi oleh aktifitas guru. Kelas berfokus pada
guru sebagai sumber utama pengetahuan dan proses pembelajaran dengan
pendekatan konvensional, sehingga hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan.
Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dan mengikuti
proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan strategi
pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa. Salah satunya strategi
pembelajaran tersebut adalah Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team
Assisted Individualization (TAI) dan Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif
Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Tipe Jigsaw pada mata
pelajaran TIK kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi.
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi yang
berjumlah 216 orang yang terdiri dari 6 kelas dan teknik pengambilan sampelnya
purposive sampling, yaitu kelas VIII4 dan VIII6 masing-masingnya berjumlah 37
orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40
butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran
jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber
datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Berdasarkan analisis hasil belajar, diperoleh nilai rata–rata siswa kelas VIII4
yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu 85,44 dan
nilai rata-rata siswa kelas VIII6 yang menggunakan strategi pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw yaitu 81,01. Dari perhitungan uji perbedaan (t-test) didapat
thitung 2,30 pada taraf kepercayaan 0,05 pada ttabel 2,00 dengan demikian thitung >
ttabel (2,30 > 2,00). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang signifikan melalui penggunaan strategi pembelajaran kooperatif Tipe
Team Assisted Individualization (TAI) dengan Tipe Jigsaw pada mata pelajaran
TIK dikelas VIII Di SMP Negeri 5 Bukittinggi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:16 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27927 |
