Tus Sa’adah, Mira (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas X SMAN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ADAH_12715_649_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kendala siswa dalam memahami materi adalah kurangnya motivasi siswa
selama belajar sehingga berpengaruh pada aktivitas belajar siswa. Salah satu
upaya untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan model
pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat hubungan model Student Facilitator and Explaining dengan hasil belajar
Fisika siswa.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan
rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini
adalah siswa pada kelas X di SMA Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun
ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random
sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis hasil belajar untuk ranah
kognitif, pengamatan/observasi untuk ranah afektif, pengamatan kerja kelompok
untuk ranah psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji
kesamaan dua rata-rata melalui uji t dan uji regresi dan korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi
”terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X SMA N
12 Padang” dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian, penggunaan
model pembelajaran Studenr Facilitator adn Explaining dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:16 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27926 |
